Sabtu, 11 Juni 2016

SMK Negeri 14 Jakarta

            Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 14 Jakarta dulu bernama Sekolah Menengah Ekonomi Atas(SMEA) Negeri 11 Jakarta dengan izin berdiri berdasarkan SK Mendikbud Nomor:  97/ UKKU.3/1969 tertanggal 2 Juni 1969. SMEA Negeri 11 secara resmi berdiri dan memiliki gedung sendiri pada tanggal 15 Juni 1976 dengan SK status sekolah: DW/4491/II/1976, No. Statistik sekolah: 341016008116 dan No. Pokok Sekolah Nasional: 20100158. Perubahan nama SMEA Negeri 11 menjadi SMK Negeri 14 Jakarta (kelompok bisnis dan manajemen) berdasarkan SK Mendikbud no. :0036/0/1997 tertanggal 7 Maret 1997. Selanjutnya nama kelompok bisnis dan manajemen berubah menjadi bidang keahlian bisnis dan manajemen pada tahun 1999[1][1].
SMK 14 Jakarta merupakan sekolah kejuruan yang berada di Jakarta Pusat. Sekolah yang berlokasi di jalan percetakan Negara II A, Jakarta pusat ini merupakan sekolah yang pernah menyandang standar RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional). Sekarang, standar tersebut sudah tidak digunakan lagi di Indonesia.
Terdapat tiga jurusan yang ada di sekolah tersebut, yaitu akuntansi, administrasi perkantoran dan pemasaran. Semua jurusan tersebut berakreditasi A. Sehingga, SMK 14 Jakarta terakreditasi A. Letaknya yang strategis menjadi  keuntungan tersendiri bagi sekolah negeri ini. SMK Negeri 14 Jakarta berada di tengah-tengah perumahan warga ( warga Johar Baru) namun tidak jauh dari jalan raya. Letak tersebut menjadikan SMK 14 Jakarta memiliki kondisi lingkungan yang kondusif (jauh dari keributan kendaraan) dan hal ini cocok untuk mendukung proses belajar mengajar disana.
Keunggulan secara geografis tersebut menjadi salah satu alasan saya memilih SMK Negeri 14 Jakarta sebagai sekolah saya. Alasan utama karena saya ingin memasuki jurusan akuntansi di SMK. Ketertarikan akan dunia keuangan membuat saya memilih jurusan akuntansi. Jurusan akuntansi SMK 14 Jakarta merupakan salah satu jurusan akuntansi terbaik di DKI Jakarta, khususnya Jakarta Pusat.
SMK Negeri 14 Jakarta menjadi salah satu sekolah unggulan di Jakarta bidang keahlian bisnis dan manajemen. Sebagai green school Jakarta Pusat dan bersertifikat ISO 9001: 2000 menjadikan SMK Negeri 14 Jakarta sebagai sekolah percontohan di Jakarta Pusat.
Berdasarkan hal itu, kuatlah tekad saya untuk memilih SMK Negeri 14 Jakarta sebagai sekolah yang saya pilih. Publikasi yang dilakukan oleh SMKN 14 Jakarta menjadikan masyarakat dapat mengenal sekolah tersebut dengan baik. Sehingga, masyarakat sekitar tidak perlu kebingungan dan mempertanyakan tentang integritas dan prestasi sekolah tersebut. SMK 14 Jakarta juga telah banyak relasi dengan dunia usaha dan dunia industri untuk penyaluran lulusan mereka. Banyak dari fresh graduate SMK 14 Jakarta yang terserap oleh duni kerja, baik oleh perusahaan regional maupun multinasional. Oleh sebab itu, lebih dari 60% lulusan SMK Negeri 14 Jakarta sudah bekerja setiap tahunnya. Bahkan sisanya, banyak yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
Beberapa contoh dari perusahaan relasi SMK Negeri 14 Jakarta adalah PT Astra Honda Motor, PT Indomarco, Perusahan akuntan publik, Wardah cosmetic, Unilever, Indofood dan masih banyak lagi. Telah banyak prestasi yang diraih oleh siswa-siswi SMK Negeri 14 Jakarta baik di tingkat kota maupun nasional. Beberapa contohnya adalah juara II Olimpiade Matematika  SMK tingkat provinsi DKI Jakarta (2015), juara II Olimpiade Akuntansi SMK tingkat nasional (2016), juara I Lomba Keterampilan Siswa (LKS) bidang Administrasi Perkantoran tingkat nasional (2015).
Pada tahun 2015, SMK Negeri 14 Jakarta meraih penghargaan sebagai sekolah berintegritas dalam penyelenggaraan Ujian Nasional (UN). Penghargaan yang diberikan secara langsung oleh Anies Baswedan (Mendikbud) sebagai apresiasi terhadap sekolah yang mempunyai ratat-rata UN 9 dan jujur dalam pelaksanaanya. Penghargaan ini diberikan kepada 503 sekolah yang ada di Indonesia, pada jenjang SMP & SMA/SMK sederajat.











[1][1] http://smkn14-jakarta.net/sejarah/ (diakses pada 29 Maret 2016 pukul 17.00 WIB)

4 komentar:

  1. Ka purwo mau tanya, status nya itu disamakan atau terdaftar?makasih ka

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum, saya mau tanya. Di SMKN 14 ini nem untuk masuk nya brp ya..

    BalasHapus
  3. Asslamualaikum ka klo mau msuk sni nem terendah nya brpa yaa?

    BalasHapus
  4. Asslamualaikum ka klo mau msuk sni nem terendah nya brpa yaa?

    BalasHapus